Urus Dokumen- Samsat Selatan Panjangin STNK Plat Nr Mobil

Seperti biasa, setiap bulan Mei,si kuning harus dipanjangin STNK nya. biasanya sih total biaya hanya 450 ribu saja. Tapi gak tau kali ini, soalnya bersamaan dengan ganti plat nomor 5 tahunan. Jadi pasti dikenakan biaya untuk plat nomor. Sudah rencana mo ngurusnya hari Sabtu pagi. jadi sebelumnya…hari kamis mampir dulu ke Polda untuk beli kertas buat esek-esek nomor rangka dan nomor mesinnya. Siang..kebetulan lewat Polda, jadi mampir aja ke bagian pengujian fisik kendaraan bermotor. Dari pintu masuk area gedung BEJ…langsung di sebelah kirinya. Disana, cari aja tukang fotocopy ato ada loket..di kiri..BUKAN loket yang banyak bernomor itu lho. beli kertasnya (stiker) 10 ribu..siang itu pas jam makan siang, jadi tutup..lah daripada nunggu buka…jam 1 siang, mending gw minta tolong aja ke orang-orang disana untuk ambil ke dalam..gw kasih aja duit 13 ribu..2 menit aja, dapet deh tuh kertas stiker bertanda Polda.

Sabtu pagi-pagi gw ambil no rangka no mesin si kuning..tapi gagal total euy..gak gampang..gw bersihin nomornya..lalu tempel kertasnya satu untuk mesin satu untuk rangka. ini mobil uzur, jadi letaknya gampang saja…no rangka persis di ruang mesin diatas tabung minyak rem. no mesin ada di blok sebelah kanan..kalo mobil baru sekarang rada ribet..waktu karimun estillo, gw gak bisa dapetin lokasinya..eh emang susah..karena harus naik tangga dulu mobilnya baru bisa diambil nomornya..letaknya di kiri bawah..innova rada gampang…gak usah pake naik tangga segala. jadi lain mobil memang lain letaknya…

gw pake pensil 2B..makanya hasil hancur lebur..nomor gak jelas banget..kertasnya robek pula…gw nempel nya terlalu lekat..pas ditarik lagi..kertasnya ketinggalan dikit..jadi harus ditarik pelan-pelan. pesimis deh ke poldanya…dah rela kalo ditolak terpaksa balik lagi. Jadi pagi-pagi aja ke polda deh..jadi kalo ditolak masih sempat balik n ambil lagi…nyesel juga kenapa beli kertas nya gak 2 biji aja ya…jadi kalo gak jelas bisa diperbaiki.
sampai sana gw perhatiin..oh rupanya tukang ambil nomor itu pada pake pensil tukang kayu…yang bentuknya oval dan arangnya gede banget..pantes hasilnya jelas dan bagus.

Langkah pertama, seperti biasa ke tukang fotocopy, minta disusun BPKB, STNK sama KTP Asli. lalu lampirkan juga nomor rangka-nomor mesin itu. Kedua, pergi deh ke loket pengujian fisik..daftar dulu..nanti diliat hasil no rangka-mesinnya..gak sampai lima menit…dah dipanggil di loket 6..cihuy..rupanya diterima euy hasil cek fisik dodol itu..tapi..ini dia yg menyedihkan, waktu daftar dia liat..kok jelek banget ini nomor ngambilnya..dia nanya n gw jawab kalo ini mobil gw sendiri n urus sendiri. diminta 20 ribu..no kuitansi, no receipt…alias pungli. gw kasih deh..sambil ngedumel..kok sekarang jadi gini yak.Penurunan kualitas layanan pertama.
ketiga, selesai dari pengujian..pergi deh ke gedung Samsatnya…di lantai dasar..ke loket satu, minta formulir..isi aja sebisanya..ada contohnya,ada juga yang nawarin 5 ribu perak buat ngisi…he…he…memang kreatif banget bangsa indon ini…gw isi sendiri, lampirkan semua termasuk no rangka mesin yg sudah dicap bagian pengujian fisik tadi…Keermpat, ke loket pendaftaran, ambil nomor dulu…lamprikan nomornya juga…dan BPKB asli kita akan dikembalikan.
nunggu kurang lebih 10 menit, dipanggil nomor kita, dikasih bukti untuk setor…pergi ke loket setoran…antri biasa aja…bayar deh. penurunan kualitas layanan kedua..nomor antrian gak ngaruh..bacanya semau-maunya aja loncat-loncat.
kelima, dipanggil lagi..ato liat aja di layar tipi..nomor mobil kita..tinggal bawa deh bukti setor..dibilang sih sejam, tapi gw cuma 20 menit aja. cepat seperti biasa..efisien. Ini prosedur tambahan, ambil plat nomor. Mas di loket lantai dasar bilang plat nomor habis…jadi ambilnya hari rabu, di loket ini. Lho? gw bilang biasanya kan ambil di workshop plat nomor..di gedung sebelah pengujian fisik..dia bilang silakan dicoba..Lho kok? gak jelas nih. Akhirnya gw coba deh ke workshop plat nomor..jalan ke gedung pengujian fisik…orang dah banyak nunggu dibawah pohon..gw liat di jendela ada pengumuman plat nomor habis..tapi gw masuk aja..ketemu petugas..belaga bego aja gw bilang mo ambil plat nomor..dia tanya kapan bayar, gw bilang baru aja…dia cek di kertas yang keluar dari printer..eh ada nomor gw..dia lingkarin deh..sama minta uang administrasi.gw kasih 10 ribu. belakang gw nyodorin bukti bayar STNK plus 5 ribu..langsung dia cari di daftar. Penurunan Pelayanan ke tiga nih. Nunggu deh di luar ruang, soalnya di ruangan bau cat keras banget. gak jelas kapan keluarnya..soalnya gak pake antrian..ntar dia keluar bawa setumpuk..dia teriak…orang menyimak, ambil. ngobrol sama sesama warga negara pembayar pajak…sama juga dibilangin kalo plat nomor habis, 3 hari lalu dia urus disuruh kembali hari ini..eh gak sampai 15 menit, plat nomor gw dipanggil plus dikasih plat nya dengan cat yang masih basah……cihuy…memang powerful banget yak 10 ribu di negara ini..sementara bapak temen gw ngobrol..dah 3 hari lalu..malah belon juga. duh gimana ya pelayanan samsat ini sekarang…

One thought on “Urus Dokumen- Samsat Selatan Panjangin STNK Plat Nr Mobil

Leave a comment